WELCOME

WELCOME TO MY BLOG

Senin, 22 Oktober 2012

Tugas 1 SIA

1. Pengertian dan Ruang Lingkup SIA
Sistem Informasi Akuntansi dapat didefinisikan sebagai sistem informasi yang merubah data transaksi bisnis menjadi informasi keuangan yang berguna bagi pemakainya.
Karakteristik SIA yang membedakannya dengan subsistem CBIS lainnya :
1. SIA melakasanakan tugas yang diperlukan
2. Berpegang pada prosedur yang relatif standar
3. Menangani data rinci
4. Berfokus historis
5. Menyediakan informasi pemecahan minimal
Ruang lingkup SIA meliputi serangkaian kegiatan administratif untuk menangani transaksi perusahaan, dilengkapi dengan prosedur, dokumen dan jurnal serta laporan keuangan sebagai output.

2. Perbedaan SIA dengan sistem informasi lainnya
SIA merupakan sistem yang berhubungan dengan kegiatan akutansi seperti mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi, memproses data menjadi informasi yang digunakan untuk pengambil keputusan dan melakukan kontrol terhadap aset organisasi.
Perbedaannya dengan:
1. SIM : SIM mengumpulkan mengklasifikasikan, memproses, menganalisa dan mengkomunikasikan semua tipe informasi
2. SI Bisnis : penggunaan dan pengembangan sistem informasi yang efektif dalam organisasi bisnis untuk mencapaia tujuan bisnis
3. SI Pemasaran : Menyediakan informasi untuk penjualan, promosi penjualan, kegiatan-kegiatan pemasaran, kegiatan penelitian pasar dan sebagainya yang berhubungan dengan pasar.
4. SI Keuangan :Memberikan informasi kepada orang atau kelompok baik di dalam maupun di luar perusahaan tentang masalah keuangan perusahaan.

3. Siklus pencatatan transaksi Akutansi


Keterangan :
- Bukti Transaksi : transaksi yang terjadi dalam suatu perusahaan merupakan kejadian yang harus dicatat. Proses pencatatan transaksi dimulai dari mencatat semua transaksi yang terjadi.
- Jurnal Umum : tempat mencatat berbagai jenis transaksi yang terjadi dalam satu periode.
- Posting Buku Besar : pemindahan transaksi dari jurnal umum ke dalam perkiraan buku besarnya masing-masing.
- Neraca Saldo : keseimbangan jumlah debit dan jumlah kredit dalam perkiraan buku besar yang harus senantiasa diperiksa minimal pada tiap akhir bulan.
- Laporan Keuangan : daftar yang memuat informasi keuangan suatu perusahaan pada period tertentu. Bentuk umum laporan keuangan pada umumnya meliputi Laporan Laba / Rugi, Laporan Perubahan Modal dan Neraca.

4. Siklus Pemrosesan Transaksi
- Aplikasi siklus pendapatan : kejadian yang terikat dengan distribusi barang/jasa kepada pihak lain dan penagihan pembayaran.
- Aplikasi siklus pengeluaran : kejadian yang berkaitan dengan pengeluaran barang/jasa dari pihak lain dan penetapan kewajiban yang berkaitan.
- Aplikasi siklus produksi : kejadian yang berkaitan dengan perubahan sumber daya menjadi barang/jasa.
- Aplikasi siklus keuangan : kejadian yang berkaitan dengan perolehan dan manajemen dana modal termasuk kas.



Sumber:
http://kazovanajah.blogspot.com/2011/09/ruang-lingkup-sistem-informasi.html
http://www.scribd.com/doc/44548193/SISTEM-INFORMASI-BISNIS
http://datakuliah.blogspot.com/2009/11/siklus-pemrosesan-transaksi-sia-arus.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi_manajemen
http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi_akuntansi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar